Jelajahi Sisi Lain Lombok; Yuk Ke 6 Air Terjun di Lombok Ini!

Jika selama ini Lombok dikenal dengan pantai-pantainya yang super cantik dan menawan, Lombok juga punya banyak pilihan air terjun cantik yang bisa Anda kunjungi. Sebagai referensi, berikut ini ada 6 air terjun di Lombok yang bisa jadi tujuan liburan Anda berikutnya.

  1. Air Terjun Jeruk Manis / Air Terjun Jukut

Terletak di kaki Gunung Rinjani atau tepatnya di sebelah selatan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, air terjun jeruk manis ini menawarkan keindahan yang memukau dan cerita unik. Menurut cerita masyarakat sekitar, air terjun ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, terutama sekali untuk menyuburkan rambut. Untuk pengobatan penyakit biasanya akan dilakukan ritual khusus yang dipimpin oleh Pemangku.

Disini, Anda bisa main air sepuasnya sambil berfoto-foto seru. Oh ya, air terjun ini merupakan titik awal yang sering digunakan para pendaki untuk naik ke puncak Gunung Rinjani lho!

  1. Air Terjun Benang Kelambu

Terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok tengah, air terjun Benang Kelambu merupakan salah satu air terjun populer di Lombok. Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani dan menawarkan keindahan yang mempesona.

Selain cocok untuk berenang, air terjun yang satu ini juga instagramable sekali! Lokasi air terjun ini sekitar 30 km dari Kota Mataram dan akses ke air terjun ini jauh lebih baik dibandingkan air terjun lainnya.

  1. Air Terjun Tiu Teja

Terletak di Desa Santong, Kabupaten Lombok Utara, air terjun Tiu Teja termasuk salah satu wisata populer di Lombok. Untuk mencapai air terjun ini dibutuhkan usaha yang ekstra karena Anda harus menuruni ratusan anak tangga untuk bisa sampai ke air terjun cantik ini.

Namun selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar. Air terjun ini berasal dari air pegunungan Gunung Rinjani, jadi kebayang kan bagaimana dingin dan segarnya jika bisa berenang di air terjun ini!

  1. Air Terjun Tiu Kelep

Terletak di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara, air terjun Tiu Kelep menawarkan keindahan yang menyejukkan. Dengan tinggi sekitar 42 meter dan air yang tidak terlalu dalam, air terjun ini cocok sekali bagi Anda yang ingin berenang sambil foto-foto seru di dalam air! Nama air terjun ini dalam bahasa Sasak berarti terbang atau menggambarkan kondisi buih-buih airnya yang beterbangan ditiup angin.

  1. Air Terjun Tibu Ijo

Terletak di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, air terjun Tibu Ijo masuk dalam daftar air terjun keren di Lombok yang bisa Anda eksplor. Dinamakan Tibu Ijo karena konon bagian bawah pusaran air terjun ini ada kolam alami yang tidak memiliki dasar!

Selain menawarkan segarnya air pegunungan, air terjun Tibu Ijo juga menawarkan pemandangan indah pedesaan Lombok dengan hamparan bukit hijau nan indah di kejauhan. Air terjun ini tidak terlalu jauh lho dari pusat Kota Mataram!

  1. Air Terjun Mangku Sakti

Terletak di Desa Sajang, Kabupaten Lombok Timur, air terjun Mangku Sakti menawarkan keindahan air terjun yang memukau. Air terjun ini tak begitu tinggi, namun airnya yang jernih dan bebatuan alami di sekitarnya membuat kawasan air terjun ini terlihat begitu menawan dan fotogenik!

Air terjun ini lumayan jauh dari pusat Kota Mataram, sekitar 5 jam perjalanan. Namun selama perjalanan menuju air terjun ini Anda akan disuguhkan pemandangan cantik seperti padang savana dan hijaunya perbukitan.

Ingin menjelajahi sisi lain wisata Lombok tapi terbentur masalah biaya? Yuk ikutan foto kontes #DestinasiPilihanGue oleh Pergi.com di Instagram! Anda hanya perlu upload foto destinasi wisata Indonesia pilihan Anda dan alasan kenapa destinasi tersebut patut dikunjungi beserta hashtag #DestinasiPilihanGue untuk berpartisipasi.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *