Jadilah Kids Zaman Now yang Mau Bela Negara

Siapa sih sebenarnya generasi millennial itu? Generasi millenial atau generasi Y adalah kelompok demografis  setelah Generasi X. Mereka lahir di antara tahun 1980an sampai 2000an sebagai generasi millennial.

Jadi bisa dikatakan generasi millennial adalah generasi muda masa kini yang saat ini berusia di kisaran 15 – 34 tahun.

Di era derasnya arus informasi dan serbuan budaya luar, serta cepatnya perkembangan dunia teknologi media, tak jarang memunculkan banyak masalah. Pun demikian peluang bagi yang memiliki visi positif.

Akhir-akhir ini kita disuguhi sebuah trend perbincangan di ranah masa tentang “Kids Zaman Now”. Menggelitik memang. Gara-gara istilah itu, Kemendikbud melalui akun twitternya turut berkomentar mengoreksi ejaan “jaman” menjadi “zaman”.

Ada pertanyaan yang muncul sekilas membaca koreksi tersebut. Kenapa hanya “jaman” saja yang dikoreksi jika dikorelasikan pada Bahasa Indonesia yang benar? Kenapa tidak semuanya?

Mungkin jika semua dikoreksi jadi tak menarik. Mungkin. Sepanjang penelusuran terkait istilah “Kids Zaman Now”, kok penulis belum menemukan hal-hal yang memiliki makna postitif dari ragam teks dan visual yang ada.

Atau memang “Kids Zaman Now” ini dijadikan label untuk aktivitas, sikap, perilaku anak-anak zaman sekarang yang cenderung negatif, atau bahkan negatif sekali? Mungkin saja. Dan jika demikian banggakah jika anak-anak kita mendapatkan label sebagai “Kids Zaman Now”?

Gaul boleh tapi sopan santun,. Sdab dan etika kita sebagai anak Indonesia jangan dibuang. Di era yang serba terbuka, serba mudah, serba kritis bahkan tak jarang kasar dewasa ini, sudah sepatutnya generasi Millennial tampil terdepan sebagai pengusung “Generasi Millennial Cinta Tanah Air”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *